PANDUNUSA

Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara

Lambang

 

Lambang PANDU NUSA berbentuk Padma Dasota yang urutannya mulai bagian terluar hingga terdalam adalah:

  • Bagian terluar berbentuk Padma Dasota (Padma dengan 10 daun) dengan 2 warna yakni hijau muda dan hijau tua. Di antara kedua warna tersebut dibatasi garis warna kuning. Padma adalah lambang kesucian, 10 daun bunga dengan 2 warna tersebut melambangkan 10 tujuan dan 10 tugas PANDU NUSA sebagaimana dimaksud dalam AD PANDU NUSA. Garis pembatas warna kuning yang menjorok keluar dan kedalam melambangkan kebijaksanaan dari ajaran Dasa Yama dan Niyama Brata. Maksud semuanya adalah dalam mewujudkan tujuan dan mengemban tugasnya, PANDU NUSA berlandaskan kesucian, pertimbangan kebijaksanaan berdasarkan Dasa Yama dan Niyama Brata.
  • Di dalamnya terdapat gambaran Cakra Dasa Sula (10 ujung yang runcing) warna putih. Senjata melambangkan kekuatan, 10 ujung cakra itu melambangkan Dasa Bayu (Prana, Samana, Apana, Udana, Byana, Naga, Kumara, Krakara, Dewadatta, Dananjaya). Kekuatan inilah yang digunakan oleh PANDU NUSA dalam menjalankan misi-misinya.
  • Di dalamnya terdapat gambar Japa Mala dengan jumlah 33 mala (biji) warna kuning keemasan dengan butiran mutiara emas. Mala ini melambangkan 33 Dewa yang selalu menyertai PANDU NUSA dalam menjalankan tugasnya.
  • Di dalamnya terdapat tulisan melingkar mengikuti arah jarum jam atau murwa daksina “PERKUMPULAN ACARYA HINDU NUSANTARA” (dengan huruf kapital, font Arial Black) dan di bawahnya terdapat singkatannya yakni “PANDU NUSA” (dengan huruf kapital, font Arial Black) melingkar berlawanan arah jarum jam. Semua tulisan warna hitam. Ini menunjuk pada Nama Organisasi dan Singkatannya.
  • Di dalamnya gambar buku/kitab suci Weda. Buku ini melambangkan Pustaka Suci Weda dan juga peraturan-peraturan yang berlaku. Artinya setiap anggota wajib meyakini, mematuhi, dan mengamalkan Pustaka Suci sebagai landasan Dharma Agama dan Kitab-kitab Hukum Peraturan Perundangan yang berlaku.
  • Di atasnya terdapat Trisula bertuliskan Omkara ()warna kuning keemasan. Ini adalah lambang Trisatya yang menjadi Ikrar dari semua anggota PANDU NUSA.
  • Di atas Trisula terdapat pendaran cahaya warna kuning keemasan berbentuk segi tiga sebanyak 13 ini melambangkan Trayo Dasa Saksi yang terdiri atas: Aditya (Surya/matahari), Candra (Sasi/bulan), Anila (Bayu/angin, Agni (api), Pretiwi (tanah, bumi), Apah (Toya/air), Akasa(langit), Atma (Sany Hyang Atma), Yama (Sabda) = suara, Ahas (rahina / siang, Ratri (Wengi/malam), Sandhya (Senja/sore), dan Dwaya (pagi)
  • Di antara antara pendaran warna kuning keemasan tersebut terdapat cahaya warna putih berada di sebanyak 12 melambangkan Rwawelas Brataning Brahmana yang kemudian dijadikan sebagai 12 Kode Etik Guru Pendidikan Agama dan Keagamaan Hindu (Dwadasa Silacarya)
  • Di kanan kiri Trisula terdapat gambar muka Ganesa sebanyak 2 yang menghadap ke luar kanan dan kiri. Ini melambangkan kecerdasan dan kebijaksanaan.
  • Di bawah Trisula dan Pustaka terdapat gambar peta Indonesia berwarna merah putih. Ini mengandung makna bahwa PANDU NUSA beroperasi seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
©Pandunusa 2018