PANDUNUSA

Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara

SELAMAT HARDIKNAS 2018

ॐ स्वस्त्यस्तु

Bapak/Ibu para Acarya (Guru Agama Hindu) di seluruh nusantara yang kami hormati. Tanggal 2 Mei 2018 ini adalah hari yang penting bagi kita sebagai insan pendidikan di negeri ini. Bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Pada hari yang berbahagia ini, kita seluruh bangsa Indonesia dingatkan akan perjuangan para pendahulu kita dalam memajukan pendidikan di nusantara, terutama Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia.

Pada tahun 2018 ini tema peringatan Hardiknas yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Pengusungan tema ini tentu bukan tanpa alasan. Tema ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan di negeri ini. Konon, mutu pendidikan di Indonesia masih rendah. Kalah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga sekalipun, apalagi dengan negara maju. Berbagai kendala seperti masalah insfrastruktur, sumber belajar, tenaga pendidk, dan peran orang tua dan lingkungan kerap mengemuka. Padahal pendidikan merupakan pondasi kemajuan sebuah bangsa.

Di lain sisi pendidikan juga memiliki peran penting dalam membangun dan melestarikan budaya. Di mana Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam dan menjadi kekayaan budaya tersendiri. Namun jika tidak dapat dikelola dengan baik justru bisa berubah menjadi sumber konflik. Pendidikan harus mampu mendukung keberagaman kebudayaan sebagaimana semboyan bangsa Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Dengan penguatan pendidikan ini maka secara tidak langsung akan berdampak pula pada majunya kebudayaan Indonesia. Tampaknya inilah yang ingin dicapai melalui tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018, Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Kita sebagai keluarga besar Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara (Pandunusa) yang juga sebagai insan pendidikan di negeri ini juga harus ikut berperan serta aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan peradaban di nusantara. Oleh karena itu, pada peringatan Hardiknas 2018 ini kami Pengurus Pusat (PP) Pandu Nusa mengajak seluruh acarya dan insan pendidikan di negeri ini untuk memaknai tema yang diusung Kemdikbud ini secara mendalam dan mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata.

Guru semestinya tidak hanya menjadi agen perubahan (agent of change) tetapi lebih dari itu guru harus menjadi agen peradaban atau agen kebudayaan (agent of culture). Melalu tangan-tangan guru di negeri inilah diharapkan perdaban kita akan bermutu dan budaya kita berkualitas. Sebagai guru agama Hindu kita harus menjadikan swadharma kita untuk mengembangkan pendidikan dan memajukan kebudayaan di negeri ini tentu sesuai dengan guna dan karma kita.

Terkait dengan hal tersebut di atas, tahun 2018 ini kami PP Pandu Nusa mengusung sub tema “आचार्यः आचारं खिलं Acaryah Acaram Khilam (Guru adalah Poros Peradaban)”. Besar harapan kami, para acarya ini bisa mengembangkan acara (pembiasaan yang baik) yang nantinya akan menjadi prototype dari peradaban yang besar. Weda mengajarkan agar kita membiasakan sadacara (kebiasaan yang benar dan baik). Peradaban atau kebudayaan yang adi luhung bermula dari kebiasaan yang baik. Semoga kita bisa menerapkan sadacara ini pada diri kita, keluarga, sisya, dan warga atau komunitas di sekitar kita.

Akhirnya kami keluarga besar Pandu Nusa mengucapkan “Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018”. Semoga pendidikan di negeri kita semakin kuat agar bisa memajukan kebudayaannya.

ॐ शान्तिः । शान्तिः । शान्तिः ॥

Ketua Umum PP Pandu Nusa,

Drs. I Gusti Ngurah Dwaja

Updated: 4 Mei 2018 — 18:19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

©Pandunusa 2018
%d blogger menyukai ini: