PANDUNUSA

Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara

PERKUMPULAN ACARYA HINDU DI BALI RESMI TERBENTUK



Perkumpulan Acarya Hindu di Bali  Resmi Terbentuk

DENPASAR,  POS BALI – Perkumpulan guru agama Hindu yang bergabung dalam wadah Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara (Pandu Nusa ) resmi terbentuk di Provinsi Bali.  Pembentukan organisasi ini  serangkaian Samhiti Madya (Rapat Kerja Daerah), Minggu ( 10/12) di Kantor PHDI Bali. 

Wasekjen Pandu Nusa Pusat I Gusti Ngurah Suardayasa S.Ag., M. Pd.H  menjelaskan ada beberapa program kerja yang dibahas dalam Samhiti Madya disamping pembentukan pengurus baru Pandu Nusa di Provinsi Bali.  Suardayasa yang juga pengajar guru agama Hindu di salah satu SD di Buleleng tersebut,  menambahkan bahwa organisasi yang mewadahi guru agama Hindu se-Indonesia ini memiliki spirit untuk memajukan pendidikan agama dan membangun guru agama yang profesional.

“Wadah guru agama dalam Pandu Nusa sangat besar dan jangka panjang.  Banyak hal yang akan kami perjuangkan.  Mulai dari mengawal PMA No 56 tahun 2014, rekrutmen CPNS Guru agama, pembenahan proses belajar agama hingga kualitas pendidik, “kata alumni IHDN Denpasar tersebut.

Sejauh ini Pandu Nusa sudah terbentuk di Jakarta,  Jawa Barat,  Jawa Timur,  Jawa Tengah,  Yogyakarta,  Sumatera Selatan,   Sulawesi Tenggara,  Kalimantan Tengah,  Kalimantan Selatan,  Kalimantan Timur, hingga NTB. “Dan hari ini di Bali.  Daerah lain masih dalam proses dan segera menyusul, “ucapnya.

Pihaknya optimis dengan kehadiran Pandu Nusa akan menjembatani aspirasi-aspirasi guru agama Hindu di seluruh Indonesia.  Pihaknya,  juga mengakui siap menjadi partner Kementerian Agama dalam hal ini Dirjen Bimas Hindu dalam memberikan masukan terkait kebijakan strategis untuk pengembangan pendidikan dan SDM Hindu di Indonesia.

Ketua Pengurus Wilayah  (PW)  Pandu Nusa Provinsi Bali yang terpilih I Putu Widya Candra Prawartana S.Pd mengatakan memiliki tanggungjawab besar dalam mengembangkan organisasi guru agama Hindu di Bali.  Ia berharap,  mendapat dukungan semua pihak dalam menjalankan amanah sebagai pimpinan organisasi khususnya dalam merealisasikan berbagai program kerja.

Dalam jangka pendek, untuk mensosialisasikan keberadaan Pandu Nusa di Bali pihaknya akan melakukan berbagi terobosan mulai dari audensi disertai penyampaian visi misi dengan pemerintah daerah. Juga menggandeng berbagai organisasi bernafas Hindu yang memiliki visi yang sama untuk memajukan pendidikan Hindu.

“Untuk memajukan pendidikan Hindu di Indonesia khususnya Bali, Pandu Nusa siap memperjuangkan.  Mohon dukungannya, “pungkasnya.  008

Sumber: POS BALI

Updated: 4 May 2018 — 22:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Pandunusa 2018 | धर्म्य पण्डुणुस २​०१८ ॥
%d bloggers like this: