PANDUNUSA

Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara

PANDU NUSA BERSINERGI DENGAN PHDI

Jakarta-Reporter Pandunusa.Org

Pandu Nusa adalah organisasi keagamaan Hindu yang dipromotori oleh para Guru agama dan keagamaan Hindu di seluruh nusantara. Selain sebagai organisasi profesi dari para guru, Pandu Nusa juga mengemban amanat umat Hindu untuk menjadi agent of change dan mempersiapkan generasi Hindu ke depan.

Sebagai organisasi keagamaan Hindu maka Pandu Nusa harus tetap bersinergi dengan lembaga agama  dan lembaga keagamaan Hindu lainnya. Sejak awal didirikan Pandu Nusa memang sudah siap bersinergi dengan seluruh komponen lembaga keumatan. Salah satunya adalah dengan PHDI Pusat. Bahkan pada tanggal 7 April 2017 lalu, Pengurus Pusat Pandu Nusa mengadakan audensi dengan PHDI Pusat dalam rangka permohonan alamat sekretariat bersama PHDI Pusat.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PP Pandu Nusa (Ngurah Dwaja), Sekretaris Jenderal (Komang Susila), Bendahara Umum (Duwijo), serta Departemen Bidang Hukum dan Perlindungan HAM atau Dharma Raksaka (Mathavan Riswan).  Keempat perwakilan PP Pandu Nusa ini diterima oleh Sekretaris Umum PHDI Pusat, I Ketut Parwata dan Ketua Bidang Organisasi, Wayan Suyasa didamping staf PHDI Pusat. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa Pandu Nusa boleh menggunakan alamat PHDI Pusat sebagai sekretariat bersama Pandu Nusa. Secara resmi PHDI Pusat kemudian mengeluarkan Surat Nomor: 45/Parisada P/IV/2017 tanggal 17 Mei 2017 tentang persetujuan alamat sekretariat tersebut.

Audensi PP Pandu Nusa ke PHDI Pusat

Setelah persetujuan tersebut, maka selanjutnya PP Pandu Nusa menggunakan alamat Jalan Anggrek Leli Murni Blok A Nomor 3 Slipi – Jakarta sebagai alamat sekretariat PP Pandu Nusa. Sejak itu pula, PP Pandu Nusa selalu diundang dalam forum-forum resmi korrdinasi lembaga keagaman Hindu yang dilaksanakan oleh Parisada Pusat.

Menurut Ketum PP Pandu Nusa, sinergisitas antar lembaga agama dan keagamaan Hindu ini sangat diperlukan untuk membangun Hindu ke depan. “Jika kita ingin memajukan Hindu maka kita harus menjadi satu dan bersatu, ingat ya satu dan bersatu”, tegas Guru Agama Hindu yang juga menjadi Instruktur Nasional K13 ini ketika dihubungi melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Hal tersebut juga dikuatkan oleh Sekjen PP Pandu Nusa, Komang Susila. Menurut ayah 2 anak ini, para tokoh Hindu harus mengindarkan diri dari egoisme sektoral yang berujung pada perpecahan antar lembaga agama dan keagamaan Hindu. “Egoisme itu kan jelas Sad Ripu, ya harus kita hindari dong”, lanjut guru yang mengajar di Mahatma Gandhi School ini.

Agar bisa bersinergi dengan lembaga agama/keagamaan Hindu, maka komunikasi yang baik harus selalu dibangun. Demikian penuturan Bendahara Umum PP Pandu Nusa, Duwijo. “Kita harus selalu konsumi JAMU JATI (Jaga Mulut Jaga Tingkah Laku)”, tandasnya.

Updated: 4 May 2018 — 22:49

3 Comments

Add a Comment
  1. Osa,,mantap lanjutkan,,swaha

  2. Mantab, lanjutkan Jayalah Pandu Nusa, majulah dunia Pendidikan Hindu, sejahteralah pendidik Hindu nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Pandunusa 2018 | धर्म्य पण्डुणुस २​०१८ ॥
%d bloggers like this: